lifestyle

Pendidikan di Indonesia: Sistem, Kualitas, dan Permasalahannya

Membahas situasi pendidikan dan perkembangan di Indonesia, mulai dari sistem, kualitas, hingga permasalahan yang dihadapi.

Rima Sekarani Imamun Nissa
Jumat, 15 Oktober 2021 | 11:06 WIB

Pendidikan di Indonesia menerapkan sistem pendidikan nasional. Jika sebuah pendidikan terlihat berkualitas, kemajuan bangsa pun bisa disokong.

Pastinya, setiap orang menginginkan pendidikan yang terbaik untuk bisa menciptakan sumber daya andal.

Di Indonesia sendiri, sistem pendidikannya sudah mengalami cukup banyak perubahan. Tentunya sistem tersebut terus diupdate untuk menghasilkan pendidikan yang berkualitas.

Baca Juga: Sambut Hari Raya Bareng Brand Lokal, Ini 4 Rekomendasinya

Selain itu, ada beberapa keuntungan dari sistem pendidikan yang ada di Indonesia, mulai dari sistem yang transparan sampai penerimaan siswa lebih mudah.

Sistem Pendidikan di Indonesia

Ilustrasi kegiatan belajar mengajar. (Unsplash/Husniati Salma)

Mungkin Anda masih belum tahu bagaimana sistem pendidikan yang ada di Indonesia. Pendidikan di negara ini dijalankan dengan Pancasila sebagai landasan ideologinya.

Baca Juga: 7 Ide Parcel Rp100 Ribu, Lebih Hemat tapi Tetap Berkualitas

Kemudian, instansi pemerintah, yakni Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan menjadi penanggung jawab pendidikan nasional.

Ada beberapa program yang ditujukan untuk meningkatkan kualitas dan mutu pendidikan yang ada di Indonesia. Sebut saja mulai dari pendidikan budaya dan bahasa, peningkatan kualitas tenaga pengajar, peningkatan pendanaan pendidikan, sampai peningkatan mutu kurikulum pendidikan.

Selain itu, ada beberapa sistem pendidikan yang sudah diterapkan di Indonesia, antara lain:

  • Sistem pendidikan secara terbuka: ditujukan untuk mendorong peserta didik untuk bekerja sama dengan teman sekelas dalam kreativitas dan inovasi.
  • Sistem pendidikan orientasi nilai: diberlakukan sejak tingkat dasar di mana para siswa diberikan pendidikan karakter. Mulai dari tanggung jawab, disiplin, dan jujur.
  • Sistem pendidikan beragam: Indonesia mempunyai banyak bahasa dan budaya. Adanya sistem pendidikan ini dibuat untuk menyesuaikan kekayaan bangsa dan terdapat jenis jenjang.

Permasalahan Pendidikan di Indonesia

Meski Indonesia mempunyai banyak sistem dan terus melakukan perubahan menjadi lebih baik, bukan berarti tidak terjadi masalah. Berikut ini ada beberapa permasalahan yang sering kali muncul dan dialami oleh peserta didik.

1. Penyebaran Sarana Pendidikan yang Belum Merata

Permasalahan pertama adalah sarana pendidikan yang belum merata. Hal ini terjadi karena Indonesia mempunyai banyak penduduk dan sebagian terletak di area terpencil. Alhasil, area tersebut belum terjamah oleh sarana pendidikan. Ada pula area yang mungkin membangun sekolah seadanya. Alhasil, para murid mengalami kekurangan peralatan sekolah. Belum lagi tenaga pengajar yang mungkin terbilang sedikit atau bahkan tidak ada sama sekali.

Padahal, jika sarana pendidikan sudah merata, guru bisa memanfaatkan layanan sistem manajemen sekolah seperti ruangkelas yang ditawarkan oleh Ruangguru. Dengan penggunaan layanan tersebut, tentunya tujuan pembelajaran akan semakin mudah tercapai yang pada akhirnya bermuara ke perbaikan kualitas pendidikan di Indonesia.

2. Kurikulum yang Bersifat Teoritis

Salah satu masalah yang menjadi kekurangan sistem pendidikan di negara Indonesia adalah kurikulumnya.

Hal ini karena Indonesia mengandalkan teori saja. Padahal, untuk bisa maju dan menyokong masa depan, para siswa perlu mempraktikkan pembelajaran secara langsung.

Sayangnya, masih banyak sekolah yang tidak atau jarang mengadakan praktikum. Alhasil, para siswa akan mengalami kesulitan untuk bersaing dengan negara luar dalam hal pengetahuan.

3. Biaya Pendidikan yang Mahal

Biaya pendidikan yang ada di Indonesia terbilang mahal. Meski beberapa menerapkan biaya gratis, tetap saja ada biaya lain yang harus dikeluarkan.

Salah satunya adalah saat kegiatan belajar online. Beberapa murid mungkin sudah mempunyai ponsel pintar untuk membantu dalam pembelajaran. Namun, tidak sedikit juga murid yang mungkin mempunyai masalah dalam hal tersebut.

Alhasil, pembelajaran menjadi terhambat bagi murid-murid tersebut. Belum lagi ada biaya lainnya yang harus dikeluarkan selama pembelajaran.

Kualitas Pendidikan di Indonesia

Bisa dibilang, kualitas pendidikan Indonesia mutunya rendah. Terbukti dari peringkat Human Development Index di mana indeks pengembangan Indonesia semakin menurun.

Selain itu, menurut survei PERC, kualitas pendidikan di Indonesia ada di urutan terakhir dari 12 negara Asia. Dengan kata lain, kualitas pendidikan di Indonesia masih terbilang jauh kualitasnya.

Tingkat Pendidikan di Indonesia

Seperti yang sudah diketahui, Indonesia mempunyai banyak jumlah penduduk. Namun, hanya sekitar 8,5% yang lulus pendidikan tinggi.

Dari sini saja sudah membuktikan bagaimana minat para siswa dalam pembelajaran. Selain itu, di Indonesia terdapat tingkat pendidikan Pra-TK, PAUD, TK, SD, SMP, dan SMA/SMK.

Pendidikan di Indonesia Saat Ini

Jika sebelumnya Indonesia menganut sistem Wajib Belajar 9 Tahun dengan 6 tahun di jenjang sekolah dasar dan 3 tahun di jenjang sekolah menengah, sekarang berubah.

Sistem ini mengalami peningkatan menjadi 12 tahun dengan 6 tahun di sekolah dasar, 3 tahun di sekolah menengah, dan 3 tahun di sekolah menengah atas.

Baca Juga: Hasil Survei: Perjalanan Ramah Lingkungan Lebih Disukai Wisatawan

Demikian ulasan singkat terkait pendidikan di Indonesia, mulai dari sistem pembelajaran, permasalahan, sampai tingkat pendidikan.

lifestyle

Hasil Survei: Perjalanan Ramah Lingkungan Lebih Disukai Wisatawan

Berdasarkan hasil survei, 4 dari 5 wisatawan peduli dengan perjalanan yang lebih ramah lingkungan.

lifestyle

Manfaat Minum Susu saat Sahur, Minuman Sehat Kaya Protein

Belum banyak yang tahu, ini pentingnya konsumsi susu saat sahur.

lifestyle

Liburan ke Luar Negeri Susah Cari Makanan Halal? Dian Ayu Lestasi Berbagi Tips Mudahnya

Suka jalan-jalan ke luar negeri? Dian Ayu Lestari ungkap caranya mencari makanan halal.

lifestyle

Senyuman 4 Zodiak Ini Paling Gampang Bikin Hati Meleleh, Gemas Banget!

Beberapa zodiak disebut memiliki senyuman imut menggemaskan.

lifestyle

8 Arti Mimpi Uang Robek, Bakal Ada Perubahan Prioritas Hidup

Apakah mimpi uang robek selalu berkaitan dengan masalah keuangan?

lifestyle

Cegah Masalah Asam Lambung, Habis Sahur Jangan Langsung Tidur

Penderita asam lambung juga tidak langsung makan berat saat berbuka puasa.