Selasa, 24 Mei 2022
Amertiya Saraswati : Jum'at, 17 Desember 2021 | 16:05 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Dewiku.com - Perubahan hormon adalah salah satu masalah yang harus dihadapi ibu hamil. Pasalnya, hal ini juga dapat berpengaruh kepada penampilan.

Salah satu contoh adalah curhat ibu hamil satu ini. Wanita bernama Hidayah Sham asal Malaysia itu sampai membuat pangling.

Melansir mStar, Hidayah mengungkap jika ia mengalami kenaikan berat badan hingga 31 kg ketika hamil anak sulungnya.

Karena kenaikan berat badan drastis tersebut, wajah dan tubuh Hidayah terlihat berubah. Selain itu, wanita 24 tahun ini mengalami masalah jerawat.

"Ketika bulan pertama hingga bulan kelima hamil, semuanya oke saja dan saya pun tidak mengalami morning sickness. Masuk bulan keenam, berat badan mulai naik."

"Seminggu naik dua kilogram. Masuk bulan ketujuh, satu badan dan muka ditumbuhi jerawat. Bukan jerawat biasa, tapi ada yang 'isi'. Untunglah tidak gatal," tambahnya.

Curhat Wanita Penampilan Berubah Drastis saat Hamil (tiktok.com/@dayahdeelly)

Karena perubahan tersebut, Hidayah sampai membuat orang lain pangling ketika melihat dirinya.

"Ketika perubahan-perubahan ini terjadi, memang terkejut juga. Sampai ada yang menegur saya seperti orang lain. Untunglah pakai masker, bisa menutup sedikit jerawat di muka."

Hidayah juga terus mengalami kenaikan berat badan meski dirinya tidak pernah mengubah porsi makan. Menurut dokter, hal tersebut disebabkan hormon.

Di sisi lain, wanita ini juga mengakui bahwa dirinya merasa sedih apalagi jika mendapat komentar soal fisik.

Namun, Hidayah lega karena suaminya senantiasa mendukung dan memberi semangat selama ia hamil.

"Saya berpikir positif, saya beruntung karena tak mengalami morning sickness. Suami pun senantiasa beri kata-kata semangat. Bagi kami, yang penting bayi sehat dan bersalin dulu, yang lain ikhtiar kemudian."

Curhat Wanita Penampilan Berubah Drastis saat Hamil (tiktok.com/@dayahdeelly)

Hidayah sendiri sudah melahirkan seorang bayi laki-laki seberat 2,38 kg pada 2 November lalu.

Selain itu, ia juga langsung menjalani diet. Berat badan Hidayah kini sudah turun menjadi 67 kg.

Meski begitu, masalah jerawat Hidayah belum puluh sepenuhnya. Ia juga masih harus berusaha menghilangkan luka bekas jerawat.

Curhatan Hidayah sendiri juga sempat dibagikan di TikTok dan viral ditonton 4,1 juta kali. Wanita ini juga berniat membagikan semangat kepada ibu hamil lainnya.

"Semua wanita hamil melalui pengalaman berbeda-beda. Ada yang membagikan pengalaman masing-masing lewat komentar. Tapi ada juga komentar yang takut mengandung, bimbang mengalami hal sama."

"Apa pun dalam situasi ini, paling penting adalah dukungan dari suami. Selain kata-kata semangat, para suami harus bijak menjaga emosi istri," ungkap wanita ini mengingatkan.

BACA SELANJUTNYA

Begini Cara Mengatasi Stretch Mark saat Hamil, Pilih Produk yang Dijamin Aman