Sabtu, 03 Desember 2022
Rima Sekarani Imamun Nissa : Minggu, 26 September 2021 | 16:30 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Dewiku.com - Punya teman yang dapat diajak berbagi banyak hal, bisa menjadi tantangan tersendiri. Tak jarang, seorang malah merasa kesulitan mencari teman.

Tak punya teman bisa membuat seseorang merasa mengalami kesepian dan juga kesendirian. Namun, sebenarnya apa yang membikin seorang sulit punya teman?

Mengutip dari Very Well Mind, Psikolog Klinis di Humantold Jessica Ermilio, memaparkan tiga penyebab mengapa sulit mencari teman.

1. Kecemasan

Ilustrasi cemas. (Pexels/Alex Green)

Alasan pertama mengapa seseorang sulit mencari teman adalah mengalami rasa cemas saat bertemu orang baru. Perasaan ini bisa muncul ketika individu takut ditolak lingkungan serta dihakimi orang lain.

Menurut Jessica, bagi sebagian orang, rasa cemas bisa mengganggu kemampuan mereka saat terhubung dengan orang lain. Jadi, mereka sulit fokus dan gugup saat berbicara.

Menghindar

Saat seseorang sulit mencari teman, bisa jadi karena dia cenderung menghindar dari lingkungan sosial. Seringkali, seseorang memilih menghindar karena takut ditolak sehingga merasa lebih nyaman sendirian.

Ilustrasi perempuan memakai baju hitam. (Pexels/Kara Muse)

Mempunyai ekspektasi tinggi

Tak selalu gugup dan menghindar semata, kesulitan mencari teman juga terjadi ketika salah satu orang punya ekspektasi tinggi pada orang lain. Terkadang, mereka cuma mau berteman dengan orang populer dan memiliki status sosial yang tinggi. Padahal ada yang lebih penting, yakni mencai teman yang bisa menjadi menguatkan mental satu sama lain.

Jessica menyarankan, lebih baik fokus untuk mencari satu atau dua orang teman asal sehat, ketimbang banyak tapi tidak bermanfaat. Dengan teman yang hanya sedikit, ini akan membebaskan seseorang dari yang namanya toxic friendship. (*Bimo Aria Fundrika)

BACA SELANJUTNYA

Ketahui 5 Arti Mimpi Teman Lama, Benarkah Pertanda Rindu?