lifestyle

Hasil Survei: 98% Single di Indonesia Menginginkan Hubungan Jangka Panjang

Namun, hasil survei yang sama juga menyebutkan bahwa sebanyak 50% single tidak pergi kencan tahun ini.

Rima Sekarani Imamun Nissa
Selasa, 16 November 2021 | 12:56 WIB

Dating company pertama dan terbesar di Asia, Lunch Actually, memaparkan hasil Annual Singles Dating Survey 2021 terhadap 2,500 single di Singapura, Malaysia, Hong Kong, Thailand, dan Indonesia. Bagaimana hasilnya?

Dari 640 single di Indonesia, 98% di antaranya ingin memiliki hubungan yang serius. Angka tersebut naik dibanding tahun lalu yang mencapai 73%. Selain itu, sebanyak 83% ingin menikah.

Walau begitu, 24% single mengakui pandemi dan masalah keamanan membuat mereka sulit untuk lebih dekat dengan teman kencan dan memiliki hubungan.

Baca Juga: Ashanty Makan Tiramisu Favorit Shah Rukh Khan, Harganya Cuma Rp100 Ribuan?

Dalam rilis yang diterima Dewiku.com belum lama ini, single berinisial F yang berusia 30 tahun dan bekerja di industri kesehatan mengatakan, "Sebelumnya, aku bisa datang ke banyak acara dan berkumpul dengan teman-teman, tapi sekarang, karena banyak pembatasan, aku lebih sering di rumah dan melakukan kegiatan sendiri, seperti mengambil kursus online dan menghabiskan waktu dengan keluarga. Sekarang lebih sulit bertemu orang baru dan pergi kencan."

Ilustrasi perempuan mengenakan hoodie. (Pixabay/StockSnap)

Meski punya keinginan mencari cinta, 50% single tidak pergi kencan dan 54% tidak mencoba virtual date tahun ini.

Single lain, J, 33 tahun, bekerja di industri kesehatan juga mengungkapkan, "Sekarang aku menghindari semua acara termasuk kencan, karena aku tinggal dengan orang tuaku dan aku takut mereka tertular virus."

Baca Juga: Berkunjung ke Rumah Calon Mertua, Ayu Ting Ting Kalem Bawa Tas Mewah

Violet Lim, CEO dan Co-Founder Lunch Actually menuturkan bahwa tahun ini kasus Covid-19 masih meningkat sehingga single mengalami ketidakpastian dan perubahan, lalu berimbas ke kehidupan kencan mereka.

"Survey menunjukkan 64% merasa ragu untuk berkencan lagi. Kami mengerti apa yang single alami, apalagi adanya pembatasan selama 1 tahun ini, namun kami mendorong para single bahwa mereka harus melalui tantangan ini karena bertemu orang baru saat berkencan adalah langkah pertama untuk menemukan pasangan hidup," ujar dia.

Topik penting lainnya di survey ini adalah kesehatan mental dan kebahagiaan para lajang. Sebanyak 30% single mengatakan kesehatan mental mereka memburuk, dibandingkan tahun lalu. Persentasenya lebih tinggi pada responden wanita yang mencapai 33%, sedangkan pria 26%. Tiga faktor yang menyebabkan hal ini adalah tidak dapat bepergian dengan bebas (21%), kehilangan orang tersayang (20%) dan kehilangan pekerjaan (14%).

Saat ditanya apa yang sering single rasakan tahun ini, mereka yang menjawab kesehatan mentalnya memburuk menyebut kesepian (76%), mood sering berubah (68%), dan stres (67%).

Pola pikir mereka tentang kencan juga berdampak. Sebanyak 54% single mengatakan, "Aku rasa tidak ada wanita atau pria yang bisa mencintai dan mengertiku". Ada juga sebanyak 51% yang mengaku, "Aku tidak merasa percaya diri dengan diriku."

Selain itu, sebanyak 41% single mengungkapkan, "Aku menyerah untuk berkencan." Terdapat pula 15% yang bilang, "Aku tidak ingin pergi kencan."

Ilustrasi kencan online. (Pixabay/athree23)

"Sebagai dating agency, kami merasa bertanggung jawab untuk menciptakan platform yang aman untuk single untuk menjawab kekhawatiran dan mencari bantuan ketika mereka merasakan emosi tersebut. Kami harus terus meningkatkan dan memiliki solusi yang lebih baik untuk mendukung perjalanan kencan single," ucap Violet.

Hal ini didukung oleh 43% single dalam disurvei yang mengatakan memiliki rasa kebersamaan dan mengetahui bahwa ada single lain dalam perjalanan yang sama adalah salah satu cara layanan kencan seperti Lunch Actually dapat membantu mereka merasa lebih baik dan lebih didukung. Tanggapan tertinggi berikutnya adalah menyediakan dating coach untuk diajak bicara saat mereka membutuhkan saran (27% dan mengadakan lebih banyak acara sosial (16%).

"Kami sudah membangun komunitas virtual melalui webinar yang kami jalankan sejak April tahun lalu. Kami juga menyediakan layanan coaching untuk membantu meningkatkan kesempatan mencari pasangan untuk para single," kata Violet.

Lunch Actually juga meluncurkan Lunch Actually App tahun lalu di mana single bisa mengobrol dan mengirim pesan ke tim dating coach dengan mudah.

Merayakan Hari Single (11/11), Lunch Actually menawarkan 1-1 sesi coaching gratis untuk 11 single yang menjadi member Lunch Actually App di bulan November.

Baca Juga: 5 Manfaat Biji Pepaya, Ternyata Bagus untuk Tingkatkan Imunitas

"Kami tetap berkomitmen untuk memberikan para single cara yang aman dan efektif untuk membantu mereka dalam perjalanan mereka menemukan pasangan yang tepat untuk menuju BHAG (Big Hairy Audacious Goal) kami yaitu menciptakan 1 juta pernikahan yang bahagia," tandas Violet.

lifestyle

Ashanty Makan Tiramisu Favorit Shah Rukh Khan, Harganya Cuma Rp100 Ribuan?

Ashanty tampak antusias saat menyantap tiramisu kesukaan Shah Rukh Khan.

lifestyle

5 Manfaat Biji Pepaya, Ternyata Bagus untuk Tingkatkan Imunitas

Konsumsi biji pepaya juga baik kesehatan sistem pencernaan dalam tubuh.

lifestyle

5 Zodiak Paling Hati-Hati Menjalani Hidup, Selalu Waspada Setiap Waktu

Beberapa zodiak ini cenderung lebih hati-hati dalam kehidupan sehari-hari.

lifestyle

8 Arti Mimpi Mendadak Jatuh Miskin, Pertanda Rendah Diri?

Apa yang membuat seseorang bisa tiba-tiba mimpi jatuh miskin?

lifestyle

Sukses Diet, Aaliyah Massaid Akui Pernah Jalani Pola Makan Ekstrem

Namun, Aaliyah Massaid akhirnya menemukan cara yang lebih aman dan sehat untuk menurunkan berat badan.

lifestyle

Hobi Naik Gunung? Pendaki Perempuan Harus Perhatikan Ini

Pendaki perempuan harus lebih teliti dalam menjaga kesehatan organ intim selama naik gunung.