lifestyle

8 Tips Mengatasi Kejenuhan dalam Hubungan Asmara, Jangan Cuma Berasumsi

Merasa jenuh menjalani hubungan asmara setelah sekian lama? Berikut beberapa tips yang bisa diterapkan.

Rima Sekarani Imamun Nissa
Selasa, 21 Desember 2021 | 12:38 WIB

Munculnya perasaan jenuh adalah hal wajar dalam menjalani hubungan asmara. Kondisi tersebut bisa terjadi karena terjebak rutinitas, kurangnya ruang untuk diri sendiri, atau terlalu sedikit waktu untuk bersosialisasi dengan teman.

Saat merasa jenuh, dibutuhkan sesuatu yang bisa memperbarui suasana di antara pasangan kekasih. Dilansir dari Bright Side, berikut tips mengatasi kejenuhan dalam hubungan asmara.

Daripada cuma berasumsi, lebih baik langsung bertanya

Baca Juga: 3 Sepatu Mewah Puan Maharani, Diam-Diam Seleranya Old Money

Ada baiknya untuk merenungkan apa yang dibutuhkan pasangan, hal apa yang dapat membantu mereka, dan bagaimana membuatnya sedikit lebih bahagia.

Namun, kadang kita bisa memiliki gagasan yang salah tentang apa yang diinginkan orang tersayang. Hal seperti itu dapat dihindari dengan cara yang sangat sederhana, yakni bertanya langsung kepada si dia.

Ilustrasi Pasangan (Pexels/Tan Danh)

Pertanyaan seperti "Apa yang kamu butuhkan?", "Apa yang membuatmu kesal tentang aku?", dan :Bagaimana aku bisa berkontribusi pada kebahagiaanmu?" bisa membuka dialog untuk kembali saling memahami satu sama lain.

Baca Juga: Aromanya Unik, Ini 3 Rekomendasi Parfum untuk Anak Muda

Cobalah untuk memahami alasan di balik kejenuhan yang kamu rasakan

Perasaan bosan terkadang tidak kentara, dan sulit untuk mengenali apakah kita benar-benar bosan atau tidak. Namun, perasaan ini bisa muncul dalam bentuk lain yang lebih mudah dikenali, seperti marah, jengkel, atau kurang tertarik. Jika  itu mulai terjadi, coba bertanya pada diri sendiri, apa yang membuat kita merasa begitu?

Temukan keseimbangan antara waktu bersama pasangan dan waktu sendirian

Menghabiskan banyak waktu bersama dapat mengarah pada kegiatan berbagi yang, mungkin, jika punya pilihan, kamu akan lebih suka melakukannya secara terpisah. Ini bukan karena kurangnya kasih sayang untuk pasangan, tapi ada hal-hal yang menurutmu lebih menyenangkan dilakukan sendiri atau bersama orang lain di sekitarmu.

Mengatasi situasi buruk dengan humor

Humor adalah salah satu kunci penting untuk menjaga suasana hati yang baik antara kamu dan pasangan. Ini dapat dicapai dengan mengusulkan permainan, jalan-jalan, dan aktivitas menyenangkan bersama.

Ilustrasi Pasangan di Mobil (Pexels/Rachel Claire)

Jika perlu, pertimbangkan terapi individu atau pasangan

Merasa sedih, kewalahan, gampang tersinggung, atau tertantang sebagai pasangan bisa menjadi tanda bahwa kamu mungkin butuh konseling. Seoarang ahli bisa memberikan dukungan emosional dan alat-alat tertentu untuk meningkatkan kesehatan mental serta kehidupanmu sebagai pasangan.

Berinvestasi dalam "diferensiasi diri"

Diferensiasi diri mungkin terdengar rumit, tapi itu berarti sesuatu yang sederhana, seperti mampu mempertahankan sikap independen. Mereka yang masih menjalin hubungan asmara dapat tetap menjadi diri sendiri, dalam semua aspek, menikmati aktivitas bersama dan pengalaman solo tanpa merasa harus melarikan diri dari lingkungan.

Fokus pada hal-hal positif tentang satu sama lain

Kita kerap terobsesi dengan hal-hal tidak dilakukan dengan baik oleh pasangan dan sulit untuk melepaskan perasaan itu. Mungkin masalahnya adalah beda perspektif dan seseorang bisa terus melekat pada pikiran negatif karena berbagai alasan.

Ilustrasi pasangan romantis. (Pixabay/StockSnap)

Jangan abaikan keluarga dan teman

Hubungan asmara dengan pasangan tersayang memang seringkali menawarkan rasa nyaman. Karena itu, banyak orang yang kemudian malah mengabaikan hubungan dengan yang lain. Hal seperti ini bisa membuatmu ketergantungan oleh pasangan, hingga selalu menginginkan segalanya berputar di sekitarmu dan pasangan.

Kamu dan dia mungkin tanpa sadar telah mengisolasi satu sama lain, mulai dari kehidupan sosial, pekerjaan, dan keluarga. Beberapa ciri seseorang dengan kecenderungan kodependen adalah takut kesepian, cemas, pikiran obsesif, panik akan putus cinta, dan banyak lagi.

Supaya tidak mencapai tingkat yang berbahaya, seperti berkomunikasi hanya dengan orang itu-itu saja, mengesampingkan impian pribadi, tujuan kerja, dan hubungan efektif lainnya, perlu untuk tidak meninggalkan hal lain yang juga merupakan bagian penting dari hidupmu.

Baca Juga: 5 Tas Mewah Aura Kasih, Ada Hermes Seharga Nyaris Rp500 Juta

Itulah beberapa tips untuk mengatasi kejenuhan dalam hubungan asmara. Semoga bermanfaat!

lifestyle

20 Pantun Gombal Bikin Pujaan Hati Salting, Cocok untuk PDKT

Mau kirim pantun gombal untuk meluluhkan pujaan hati?

lifestyle

Balikan dengan Mantan Pacar? 4 Zodiak Ini Mau Berikan Kesempatan Kedua

Ada beberapa zodiak yang cenderung tak ragu balikan dengan mantan pacarnya.

lifestyle

6 Arti Mimpi Bulan Madu ke Luar Negeri, Harapan Indah Segera Tercapai

Pernah mimpi pergi bulan madu ke luar negeri? Apa maknanya?

lifestyle

Strada Coffee, Tempat Ngopi Baru Bernuansa Unik yang Hadir di Jakarta

Di sana, pengunjung dapat menyelami dunia kopi yang penuh dengan pengetahuan dan kenikmatan.

lifestyle

Detoksifikasi Terbukti Kaya Manfaat, Coba Ikuti Tantangan Seru Ini

Detoksifikasi memberikan banyak manfaat untuk kesehatan.