fashion-beauty

Sukses Berbisnis Kosmetik, Livienne Russelia Sempat Jatuh Bangun

Kunci kesuksesan Livienne Russelia adalah pantang menyerah.

Rima Sekarani Imamun Nissa
Senin, 10 September 2018 | 12:51 WIB

Setiap kesuksesan pasti memiliki kisahnya masing-masing. Tidak ada yang datang begitu saja, semuanya butuh kerja keras dan semangat pantang menyerah. Hal itu juga lah yang mengantarkan pemilik dan pendiri PT Cakra Daya Makmur yang bergerak di bidang berbagai produk kecantikanLivienne Russelia, mendulang sukses.

Dilansir dari Suara.com, Livienne Russelia langkahnya di bisnis kecantikan sebenarnya berawal dari ketidaksengajaan. Dia hanya berharap bisa membantu meringankan beban perekonomian keluarga.

''Situasi ekonomi saat itu menuntut saya harus keluar untuk ikut bekerja. Saat itu masih seorang ibu rumah tangga dan baru melahirkan. Tapi, di situlah mungkin tahap awal saya menemukan minat saya sebagai seorang pebisnis,'' ungkap dia beberapa waktu lalu.

Baca Juga: Kebiasaan Nagita Slavina Disorot, Waspadai 5 Penyakit yang Menular lewat Air Liur

Segala bisnis pun dicoba dengan modal sekecil-kecilnya, mulai dari menjual makanan kecil, membuat dan menjual kue, sarung tangan, sepatu, hingga menjual baju. Bahkan, Livienne Russelia pernah menjual kacang di toples dan berkeliling memasukkannya ke beberapa pasar.

Berbekal jaringan yang dimiliki dan rasa percaya diri tinggi, Livienne Russelia terus berjuang hingga berhasil masuk ke bisnis produk kecantikan. Tahun 2006, dia mulai bermain produk kecantikan import.

Namun, langkah pertamanya tidak berjalan mulus. ''Tapi saya masih harus gulung tikar karena saat itu pemerintah menetapkan peraturan import produk yang cukup ketat,'' ujar dia.

Baca Juga: Dipuji Semakin Kalem, Intip 5 Gaya Busana Tasyi Athasyia

Walau begitu, Livienne Russelia pantang menyerah. Setelah mengalami kegagalan, dia justru ingin mencoba bisnis kecantikan dengan skala yang lebih besar.

Saat itu, perempuan kelahiran Pontianak ini melihat tren produk kecantikan dengan bahan alami yang tengah diminati. Dia lalu melirik susu kambing dan berbagai bahan alami lainnya untuk membuat produk perawatan kulit pertamanya yang dinamakan Vienna.

Livienne Russelia. (Instagram/@livienne_russellia)

Meskipun masih terbilang hanya industri rumahan dan hanya dikerjakan dengan bantuan 5 karyawan di sebuah ruko kecil, bisnis tersebut semakin tumbuh.

Pada 2010, ibu dua orang anak ini meresmikan pabrik produk kecantikannya di kawasan Tangerang, Banten. Dia pun merekrut tambahan karyawan hingga ratusan orang.

Sejak saat itulah, Livienne Russelia bertekad untuk terus belajar dan memperdalam ilmu mengenai industri kecantikan. Dia pun memutuskan meneruskan kuliah S2 farmasi kecantikan. Kebetulan, sebelumnya dia memang sudah meraih gelar S1 di bidang bisnis.

Bisnis Livienne Russelia kemudian terus berkembang. Dia tidak berhenti di Vienna yang berfokus pada perawatan tubuh, seperti body lotion, sabun, masker, dan lainnya. Bisnisnya pun tumbuh pesat dengan kehadiran XL Professionnel, brand yang berfokus pada perawatan rambut.

Setahun belakangan, PT Cakra Daya Makmur kembali meluncurkan brand ketiganya yakni Martinez Professionnel. Produk yang ditawarkan adalah ragam makeup, mulai dari foundation, lipstik, bedak, eyeshadow, hingga maskara.

''Pemerintah saat itu memang support produk dalam negeri. Saya lihat di pasaran banyak produk kecantikan yang tidak aman, khususnya brand lokal. Banyak mengandung bahan berbahaya dan tidak dilindungi BPOM. Padahal Indonesia punya potensi. Karena itulah saya memanfaatkan peluang tersebut,'' kata dia.

Livienne Russelia bertekad terus menjaga kualitas produknya. Semua faktor diperhatikan, mulai dari penggunaan bahan-bahan alami yang aman dan berkualitas, mendapatkan sertifikasi halal dan dilindungi BPOM, hingga apa saja kandungan nutrisi dimasukkan dalam produk kecantikan buatan perusahaannya.

Livienne Russelia. (Instagram/@martinezcosmeticofficial)

Saat ini, produk kecantikan PT Cakra Daya Makmur tak hanya mudah untuk ditemui di pasar Indonesia, tetapi juga sudah merambah ke berbagai negara lain, seperti Korea Selatan, Nigeria, Kamerun, dan Oman, serta mengikuti berbagai pameran produk kecantikan di Dubai, Uni Emirat Arab.

Menurut Livienne Russelia, kiat untuk menjadi pebisnis yang sukses adalah selalu berpikiran positif, bekerja keras, dan menjaga integritas. Menjaga kepercayaan orang lain adalah hal yang sangat penting.

''Saya merasa saya punya kesempatan-kesempatan itu karena orang percaya sama saya. Skill bisa dipelajari, tapi dengan integritas orang bisa percaya. Meski sepintar apapun, kalau kita dipertanyakan orang, kita akan sulit untuk melangkah lagi,'' ucap dia.

 

Baca Juga: Hobi Naik Gunung? Pendaki Perempuan Harus Perhatikan Ini

Artikel ini sudah dipublikasikan sebelumnya di Suara.com dengan judul Jatuh Bangun Livienne Russelia Jadi Pebisnis Kosmetik Sukses

fashion-beauty

Dipuji Semakin Kalem, Intip 5 Gaya Busana Tasyi Athasyia

Gaya busana Tasyi Athasyia yang dinilai semakin kalem menuai banyak pujian dari warganet.

fashion-beauty

Soft Playful Makeup, Gunakan 6 Produk Kecantikan Ini

Makeup artist Marcelia Yang berbagi rekomendasi produk kecantikan untuk mendapatkan tampilan soft playful makeup.

fashion-beauty

Brand Kecantikan Ini Luncurkan Lip Cream Tahan Lama, Diklaim Awet 12 Jam

Lip cream ini juga disebut tidak membuat bibir terasa kering dan memberikan hasil warna yang intens.

fashion-beauty

IFFT Gelar Audisi Model untuk Tampil di Fashion Show Berkonsep Budaya dan Tradisi

Dalam acara tersebut, IFFT juga menggelar audisi model pertamanya dan yang juga menjadi persiapan menuju event yang akan datang.

fashion-beauty

3 Tips Merawat Kulit Wajah, Bisa Pakai Sarang Burung Walet?

Dapatkan produk perawatan kulit terbaik dengan berbagai penawaran terbaik.