fashion-beauty

Hati-Hati, Ini Risiko Hobi Coba Sampel Kosmetik di Mall

Sampel kosmetik di mall memang terlalu menggoda untuk tidak dicoba.

Rima Sekarani Imamun Nissa
Rabu, 06 Maret 2019 | 16:00 WIB

Sebelum memutuskan untuk membeli makeup seperti lipstik, bedak, dan makeup lainnya, tentu kamu ada keinginan mencoba produk sampel kosmetik terlebih dulu. Biasanya setiap konter makeup di pusat perbelanjaan memang menyediakan sampel untuk dicoba pembeli. Namun, apakah itu aman?

Dilansir dari Medical Daily, Susie Sobol, seorang penata rias profesional, menyarakan agar berhati-hati saat menjajal sampel kosmetik, khususnya lipstik, lipgloss, dan maskara. Alasannya, bakteri mudah berkembang dalam kondisi lembab.

''Jangan pernah percaya bahwa sampel makeup dalam toko telah dibersihkan. Produk bubuk seperti blushon dan eyeshadow sedikit lebih aman untuk dicoba tapi selalu bersihkan dulu permukaan produk dengan tisu dan gunakan kuas bersih,'' kata Susie.

Baca Juga: Almira Yudhoyono Disarankan Ikut Ajang Puteri Indonesia, Memang Syaratnya Apa Saja?

Selain itu, jika ingin mencoba makeup seperti lipstik, foundation, blush on maupun bedak, pastikan tidak menggunakannya di wajah. Cukup oleskan di tangan saja.

Meski bermaksud baik, berbagi kosmetik dengan teman-temanmu juga bukan ide bagus. Produk yang secara langsung bersentuhan dengan mata, bibir dapat dengan mudah menyebarkan kuman.

Ilustrasi makeup eyeshadow. (Unsplash/Freestocks)

''Berbagi eyeliner, misalnya, dapat menyebabkan infeksi seperti mata merah muda, sementara berbagi lipstik bisa membuat Anda menderita herpes. Tentu saja, ini juga berlaku untuk sampel makeup yang disediakan di toko. Lebih aman untuk menerapkannya di tangan daripada di wajah,'' ucap Susie menerangkan.

Baca Juga: Kala Putri Marino Ditanya Soal Wangi Tubuhnya: Elegan dan Bunga

Dengan alasan yang sama, kamu juga harus memastikan untuk mencuci wajah sebelum tidur setiap malam walaupun itu terasa merepotkan. Tidur dengan wajah tertutup oleh foundation dan produk makeup lain bisa merusak kulit. Bahkan riasan bisa terjebak di sel-sel kulit mati dan memungkinkan bakteri menumpuk, meningkatkan risiko penuaan dini dan timbulnya jerawat.

Tidur dengan riasan mata yang belum dibersihkan pun mungkin lebih berisiko. Pada satu kasus ekstrem, seorang perempuan menderita jaringan parut dan iritasi permanen karena kebiasaan tidur jangka panjang tanpa membersihkan maskara.

Makeup. (Unsplash/Manu Camargo)

''Tidur dalam riasan mata berulang kali dapat menyebabkan penyumbatan pada folikel rambut dan kelenjar minyak kecil di kelopak mata Anda. Ketika area ini tersumbat, bakteri dapat menumpuk dan menyebabkan peradangan,'' tutur dr. Eric Schweiger, pendiri Clear Clinic di New York City, masih dilansir dari Medical Daily.

Selain sampel kosmetik, hindari juga makeup palsu dan produk tiruan lainnya. Investigasi sudah menemukan produk makeup palsu mungkin mengandung bahan kimia berbahaya seperti arsenik, merkuri, dan aluminium.

Baca Juga: Perjalanan Cinta Syahrini dan Reino Barack yang Baru Rayakan Anniversary Pernikahan ke-5

Belanjakan uang untuk produk kosmetik asli agar tetap aman dan pastikan kamu mengikuti cara pemakaian pada kemasan. Perhatikan pula tanggal kedaluwarsa, suhu dan kondisi penyimpanan yang dianjurkan. Juga, sekali lagi, ingat untuk tidak mencoba sampel kosmetik di mall sebelum membeli makeup. (Suara.com/Firsta Nodia)

fashion-beauty

IFW 2024 Jadi Rujukan Tren Mode Lintas Generasi, Berkomitmen Usung Produk Lokal

Indonesia Fashion Week (IFW) 2024 digadang-gadang menjadi pencipta tren fesyen lintas generasi di Indonesia.

fashion-beauty

5 Gaya Paula Verhoeven Pakai Outer Kemeja, Modisnya Anak Muda Banget

Berikut beberapa inspirasi busana kasual ala Paula Verhoeven.

fashion-beauty

Pil KB Hormonal Jadi Penyebab Masalah Kulit? Ini Kata Pakar

Benarkah pil KB hormonal bisa memicu masalah kulit seperti flek hitam di wajah?

fashion-beauty

6 Tips Glam Makeup untuk Lebaran, Cantiknya Tetap Natural

Bagaimana cara menciptakan riasan Lebaran Glam Makeup yang memesona?

fashion-beauty

Brand K-Beauty Ini Luncurkan 2 Produk Baru, Cocok untuk Persiapan Lebaran

Merayakan Ramadan dengan mengekspresikan diri sendiri dan kreativitas bersama produk barenbliss.

fashion-beauty

5 Potret Dian Sastrowardoyo Pakai Busana Putih, Inspirasi OOTD Lebaran

Gaya Dian Sastrowardoyo saat mengenakan berbagai busana putih bisa jadi inspirasi.