fashion-beauty

Jangan Sembrono, 5 Tips Memilih Sunscreen untuk Kulit Berjerawat

Kulit berjerawat memang membutuhkan perhatian khusus.

Rima Sekarani Imamun Nissa
Senin, 30 September 2019 | 11:00 WIB

Memiliki kulit berjerawat memang mesti hati-hati dalam memilih produk perawatan kulit, termasuk sunscreen atau tabir surya. Jika salah pilih, bukannya melindungi kulit dari paparan sinar matahari, sunscreen justru bisa menyumbat pori-pori sehingga menimbulkan jerawat baru.

Walau begitu, bukan berarti Anda harus benar-benar menghindari pemakaian sunscreen. Produk skincare tersebut tetap penting, mengingat banyaknya masalah kesehatan yang merupakan dampak negatif paparan sinar matahari pada kulit.

Melansir Hellosehat, berikut beberapa hal yang perlu dipertimbangkan ketika memilih tabir surya untuk kulit berjerawat.

Baca Juga: Web Series Ini Suguhkan Keragaman Kuliner di Jatim, Banjarmasin dan Lombok, Tonton Yuk!

1. Berbahan dasar mineral

Perlu diketahui, sunscreen terbagi menjadi dua jenis. Pertama, sunscreen kimia yang mengandung oxybenzone, octinoxate, octocrylene, serta bahan kimia sejenis lainnya. Kedua, sunscreen mineral yang dibuat dari titanium dioksida dan zink dioksida.

Ilustrasi menggunakan sunscreen. (Sumber: Shutterstock)

Keduanya aman untuk kulit. Namun, sunscreen mineral dinilai lebih bersahabat bagi pemilik kulit sensitif dan gampang berjerawat. Hal itu karena bahan-bahan dalam sunscreen kimia sangat berpotensi menimbulkan reaksi alergi dan iritasi begitu terserap oleh kulit.

Baca Juga: Ratusan Desainer Meriahkan Panggung Indonesia Fashion Week 2024

2. Label non-komedogenik

Pastikan Anda membaca keterangan pada label kemasannya dan pilih sunscreen dengan keterangan non-komedogenik. Artinya, produk ini telah dirancang sedemikian rupa biar tidak menyumbat pori-pori dan memicu jerawat.

Selain itu, sebaiknya juga tidak memilih sunscreen dengan kandungan banyak banyak minyak atau parfum jika kulit cenderung mudah berjerawat.

3. Tekstur ringan dan encer

Sunscreen berbentuk krim dan losion kental cocok bagi pemilik kulit normal dan juga kering. Sebaliknya, Anda yang mudah berjerawat malah perlu menghindari jenis sunscreen kental seperti ini.

Carilah sunscreen yang tidak kental dan gampang dioleskan pada kulit. Hindari yang teksturnya berbentuk krim sehingga membuat kulit terasa tebal atau lengket.

Lebih baik pilih sunscreen yang lebih encer berbentuk cairan, gel, atau semprotan. Jenis tabir surya ini sesuai untuk pemilik kulit berjerawat karena mudah terserap tanpa mesti menutup pori-pori.

Ilustrasi menggunakan tabir surya. (Shutterstock)

4. Punya daya perlindungan yang luas

Ada dua jenis radiasi yang dipaparkan matahari, yaitu UVA dan UVB. Paparan sinar UVA dapat merusak kulit, menyebabkan penuaan dini, dan memicu kanker. Di sisi lain, sinar UVB adalah sinar yang membuat kulit menjadi gelap dan terbakar.

Beberapa jenis sunscreen hanya melindungi kulit dari satu jenis sinar UV. Namun, produk tabir surya berspektrum luas cocok untuk pemilik kulit mudah berjerawat karena mampu melindungi kulit dari sinar UVA maupun UVB sekaligus.

5. Disertai SPF 30

Sun Protection Factor atau SPF menentukan kemampuan produk dalam melindungi kulit dari sinar UVB.

Pada dasarnya, sunscreen dengan SPF 15 sudah cukup efektif melindungi kulit, baik untuk pemilik kulit normal maupun berjerawat. Namun, idealnya pilihlah produk dengan kandungan SPF 30 ke atas untuk perlindungan optimal.

Baca Juga: Sambut Hari Raya Bareng Brand Lokal, Ini 4 Rekomendasinya

Nah, apabila masih memiliki kendala, Anda tentu dapat berkonsultasi dengan dokter ahli untuk mendapatkan produk sunscreen yang paling tepat.

fashion-beauty

Ratusan Desainer Meriahkan Panggung Indonesia Fashion Week 2024

Pagelaran IFW 2024 kali ini digelar dengan menjadikan wastra Betawi sebagai fokus utama dengan mengusung tema Langgam Jakarta Teranyam.

fashion-beauty

Sambut Hari Raya Bareng Brand Lokal, Ini 4 Rekomendasinya

Rayakan Lebaran bersama koleksi terbaik persembahan brand lokal.

fashion-beauty

6 Jenis Kain Terbaik untuk Baju Lebaran, Nyaman Dipakai dan Tidak Gerah

Berikut beberapa jenis kain yang cocok untuk bahan baju Lebaran.

fashion-beauty

IFW 2024 Jadi Rujukan Tren Mode Lintas Generasi, Berkomitmen Usung Produk Lokal

Indonesia Fashion Week (IFW) 2024 digadang-gadang menjadi pencipta tren fesyen lintas generasi di Indonesia.

fashion-beauty

5 Gaya Paula Verhoeven Pakai Outer Kemeja, Modisnya Anak Muda Banget

Berikut beberapa inspirasi busana kasual ala Paula Verhoeven.

fashion-beauty

Pil KB Hormonal Jadi Penyebab Masalah Kulit? Ini Kata Pakar

Benarkah pil KB hormonal bisa memicu masalah kulit seperti flek hitam di wajah?