Senin, 17 Januari 2022
Rima Sekarani Imamun Nissa : Minggu, 19 September 2021 | 12:00 WIB

Dewiku.com - Walau tak punya gangguan penglihatan, banyak orang menggunakan kacamata sebagai aksesoris penunjang penampilan. Hanya saja, sebenarnya tidak semua bentuk kacamata bisa cocok di setiap bentuk wajah.

Oleh sebab itu, penting untuk selalu memperhatikan bentuk wajah sebelum memilih kacamata.  Melansir 5 Minute Crafts, berikut tips memilih kacamata berdasarkan bentuk wajah.

Wajah bulat

Wajah bulat ditandai dengan dahi lebar, pipi penuh, dan dagu lembut serta garis dahi. Lebar dan panjang wajah tampak hampir sama. Pilihlah kacamata persegi panjang dengan bingkai elegan, sekaligus punya pola yang mencolok dan hidup serta detail berani. 

Ilustrasi Berkacamata. (pexels.com/Hoang Loc)

Kamu bisa juga memilih kacamata dengan bantalan hidung yang bisa disesuaikan yang tidak menekan kulit pipi. Hindari kacamata bulan dan oval, serta kacamata dengan detail bingkai yang melengkung yang menonjolkan kebulatan wajah.

Wajah persegi panjang

Wajah persegi panjang ditandai dengan rahang yang kuat serta panjang wajah lebih besar dari lebarnya. Pilih kacamata oval dengan detail melengkung, bingkai lebih lebar. Hindari kacamata persegi panjang.

Wajah berbentuk hati

Wajah berbentuk hati ditandai dengan dahi yang lebar, tulang pipi tinggi dan tegas, serta dagu yang sempit dan runcing. Lebar wajah sedikit lebih kecil dari panjangnya.

Pilih kacamata yang lebih lebar dari dahi Anda dengan elemen aksen di ujung bingkai, kacamata oval dan bulat, serta kacamata yang berwarna lebih terang dengan bingkai halus. Hindari bingkai lebar yang mungkin menonjolkan lebar pipi, kacamata yang dihias dengan berat, serta kacamata berwarna cerah.

Ilustrasi kacamata. (Unsplash/Christian Wiedeger)

Wajah persegi

Wajah persegi ditandai dengan rahang kuat dan dahi lebar. Lebar dan panjang wajah hampir sama. Sebaiknya pilih kacamata oval dan bulat, kacamata dengan bingkai tipis, kacamata penerbang dan cat eyes, serta kacamata yang menempel tinggi di hidung. Hindari kacamata berbingkai persegi dan kotak, serta kacamata yang sempit.

Wajah oval

Bentuk wajah oval ditandai dengan fitur wajah yang proporsional, dahi dan dagu sempit, serta tulang pipi tinggi. Panjang wajah Anda dua kali lebih besar dari lebarnya.

Kamu bisa memilih kacamata dengan bingkai yang lebarnya sama atau sedikit lebih lebar dari bagian terluas wajahmu. Hindari kacamata yang terlalu kecil atau terlalu besar, kacamata dengan bingkai yang sangat tipis yang bisa membuat wajah tampak lebih panjang.

Wajah berlian

Wajah berlian ditandai dengan dahi dan rahang yang sempit serta tulang pipi tinggi dan tegas. Kamu disarankan memilih kacamata berbentuk cat eye dan oval, kacamata dengan elemen edgy. Hindari kacamata berbingkai kotak dan lurus yang mungkin menonjolkan tulang pipi.

BACA SELANJUTNYA

Foto Pria Ini Diedit biar Jidatnya Lebih Cakep, Malah Jadi Kayak Squidward