lifestyle

Pertama di inggris, Pria Transgender Melahirkan

Namun ia mengaku trauma setelahnya.

Yoeni Syafitri Sekar Ayoe
Sabtu, 12 Januari 2019 | 13:46 WIB

Menjadi transgender bukanlah pilihan hidup yang mudah. Baru-baru ini pria transgender asal Inggris telah mengungkapkan keputusannya untuk tetap melahirkan dan rasa trauma setelahnya.

Dilansir dari Daily Mail, Hayden Cross (21) dari Gloucester, Inggris yang terlahir sebagai wanita memutuskan berhenti transisi menjadi pria untuk memulai keluarga sendiri pada tahun 2016.

Tampil di Lorraine ITV belakangan ini, Hayden membuka tentang kenyataan pahit hamil sebagai seorang transgender. Ia mengatakan bahwa melahirkan melibatkan 'banyak emosi dan perasaan' serta tidak enak badan.

Baca Juga: Ratusan Desainer Meriahkan Panggung Indonesia Fashion Week 2024

Dia menjelaskan kepada presenter Lorraine Kelly, "Saya menginginkan anak kandung sehingga saya dapat memulai keluarga saya sendiri," ujar Hayden.

Hayden Cross. (YouTube/Lorraine)

 

"Aku tidak tahu apakah aku menginginkan hubungan jangka panjang di masa depan. Saya tidak ingin menunggu. Saya ingin tahu bahwa saya masih bisa memiliki keluarga tanpa harus bergantung pada orang lain," tambahnya.

Baca Juga: Sambut Hari Raya Bareng Brand Lokal, Ini 4 Rekomendasinya

Di tahun 2016 itu awalnya ia cukup putus asa untuk memiliki bayi di beberapa titik dalam hidupnya. Ia pun memutuskan membekukan sel telurnya sebelum ia menyelesaikan masa transisi.

Namun, ia cukup hancur ketika para dokter kala itu menolak untuk memberinya perawatan senilai GBP 4.000 atau Rp 72 jutaan. Dia pun memutuskan untuk mencari donor sperma online dan menyuntik dirinya sendiri dengan jarum suntik.

Hayden Cross mengakui bahwa kehamilan sebagai pria transgender tidak mudah dan minim dukungan. "Akhirnya saya mendapat dukungan. Awalnya itu sedikit hal baru sehingga tidak ada yang benar-benar mengerti tapi sekarang ada banyak dukungan di luar sana."

Hayden Cross. (YouTube/Lorraine)

 

Akhirnya Hayden melahirkan di bulan Juni 2017 lewat operasi caesar. Dia melahirkan bayi perempuan sehat yang dinamai Trinity-Leigh.

Ketika ditanya oleh Lorraine apakah dia siap untuk kehidupan berkeluarga di usia 20 tahun, Hayden berkata, "Saya kira saya belum siap pada saat itu - tidak 100 persen. Tapi sekarang semuanya sudah berjalan sesuai rencana, kami baik-baik saja,"

Sebelas bulan setelah melahirkan, Hayden pun melanjutkan transisi penuhnya. Ia menjalani operasi untuk mengangkat payudaranya dan akan menjalani operasi lebih lanjut ketika sudah siap.

Hayden pun mengungkapkan bahwa mengandung anak selama sembilan bulan sebagai pria transgender adalah 'pertempuran besar' dan dia tidak akan menyarankan siapa pun untuk melewatinya.

Baca Juga: 7 Ide Parcel Rp100 Ribu, Lebih Hemat tapi Tetap Berkualitas

"Saya tidak akan berbohong, itu benar-benar aneh. Ada banyak emosi dan perasaan. Saya tidak akan menyarankan siapa pun untuk melakukannya - itu sangat sulit," tambahnya.

lifestyle

Hasil Survei: Perjalanan Ramah Lingkungan Lebih Disukai Wisatawan

Berdasarkan hasil survei, 4 dari 5 wisatawan peduli dengan perjalanan yang lebih ramah lingkungan.

lifestyle

Manfaat Minum Susu saat Sahur, Minuman Sehat Kaya Protein

Belum banyak yang tahu, ini pentingnya konsumsi susu saat sahur.

lifestyle

Liburan ke Luar Negeri Susah Cari Makanan Halal? Dian Ayu Lestasi Berbagi Tips Mudahnya

Suka jalan-jalan ke luar negeri? Dian Ayu Lestari ungkap caranya mencari makanan halal.

lifestyle

Senyuman 4 Zodiak Ini Paling Gampang Bikin Hati Meleleh, Gemas Banget!

Beberapa zodiak disebut memiliki senyuman imut menggemaskan.

lifestyle

8 Arti Mimpi Uang Robek, Bakal Ada Perubahan Prioritas Hidup

Apakah mimpi uang robek selalu berkaitan dengan masalah keuangan?

lifestyle

Cegah Masalah Asam Lambung, Habis Sahur Jangan Langsung Tidur

Penderita asam lambung juga tidak langsung makan berat saat berbuka puasa.