Senin, 17 Januari 2022
Rima Sekarani Imamun Nissa : Rabu, 12 Januari 2022 | 16:48 WIB

Dewiku.com - Banyak pasangan yang selalu berusaha menghindari perdebatan soal apa pun, termasuk dalam hubungan pernikahan. Ada kekhawatiran bahwa emosi yang muncul saat berdebat bisa memperburuk hubungan.

Dilansir dari Times of India, menurut penelitian, perdebatan kecil justru memiliki keuntungan dalam sebuah hubungan, terutama pada pasangan yang telah menikah. Berikut beberapa di antaranya.

Pendapat tak disembunyikan

Hubunganmu pasti akan menjadi lebih kuat karena tidak menahan dendam terhadap satu sama lain. Meskipun terdapat perbedaan pendapat, kamu tidak akan menyembunyikannya. Kamu akan mengekspresikan apa yang kamu rasakan dan pikirkan. Tak ada yang menyimpan dendam satu sama lain sehingga hubunganmu akan menjadi lebih transparan.

Pasangan suami istri bertengkar. (Pixabay/Sasin Tipchai)

Intim

Para ahli mengatakan bahwa perdebatan dengan pasangan akan meningkatkan keintiman. Itu adalah mengakhirinya dengan saling meminta maaf, lalu menebus kesalahan satu sama lain. Hal ini akan membuat kamu dan dia menjadi lebih dekat.

Membangun kepercayaan

Ketika berdiskusi dan sedikit berdebat, artinya kamu dan dia belajar untuk tidak menyimpan rahasia sehingga menjaga rasa saling percaya. Kalau tidak ada perdebatan, hubunganmu akan memiliki banyak rahasia. Hasilnya, kamu dan dia akan saling meragukan satu sama lain.

Walau begitu, penting memastikan perdebatan tidak berat sebelah. Kedua pihak harus saling mendengarkan pendapat satu sama lain. Jika tidak, itu bisa memicu hubungan tidak sehat.

Ilustrasi Pasangan (Pexels/Jasmine Carter)

Merasa lebih baik

Mengungkapkan apa yang ada dalam hati dan pikiran bisa membuat kita merasa lebih baik. Meskipun berdebat, kamu akan merasa lebih nyaman dalam menjalani hubungan. Perdebatan kecil yang sehat akan selalu baik untuk hubunganmu. Namun, pastikan bahwa kamu sudah menyelesaikan masalah sebelum tidur.

Membangun karakter

Setelah beberapa perdebatan, kesabaranmu menghadapi pasangan meningkat. Meski begitu, tentu ada baiknya mencegah perdebatan terjadi tidak terlalu sering. Jangan kelewat batas.

BACA SELANJUTNYA

Dibayar Rp28 Juta, Pria Ini Bekerja Merayu Pacar Orang untuk Tes Kesetiaan