Senin, 17 Januari 2022
Amertiya Saraswati : Kamis, 13 Januari 2022 | 14:35 WIB

Dewiku.com - Konsumen produk kecantikan kini makin beragam, baik dari kalangan pria maupun wanita. Tak hanya itu, banyak yang hobi mengoleksi aneka produk kecantikan.

Selain itu, tidak sedikit pula yang mudah tergiur dalam belanja produk kecantikan. Akibatnya, makeup dan skincare pun menjadi menumpuk hingga tak terpakai.

Untuk menghindari hal tersebut, Putri Indonesia Lingkungan 2018 sekaligus duta SDGs Indonesia Vania Herlambang mengungkap tipsnya dalam belanja produk kecantikan.

Hal tersebut diungkapkan oleh Vania Herlambang dalam acara Konferensi Pers Virtual Sociolla dalam rangka memperkenalkan kampanye Waste Down Beauty Up yang digelar Kamis (13/1/2022).

Agar tidak impulsif dalam belanja produk kecantikan sekaligus menerapkan sustainable living, Vania Herlambang rupanya memakai prinsip 6R.

Prinsip 6R tersebut adalah rethink (berpikir sebelum membeli), reviews (membaca ulasan konsumen), reduce, reuse, recycle, dan repair (membenarkan produk yang rusak alih-alih langsung dibuang).

Vania Herlambang, Putri Indonesia Lingkungan 2018 dalam Konferensi Pers Virtual Sociolla untuk kampanye Waste Down Beauty Up, Kamis (13/1/2022)

Sementara secara pribadi, Vania Herlambang punya empat langkah yang diikuti sebelum membeli produk kecantikan. Pertama, Putri Indonesia Lingkungan 2018 ini akan melihat review lebih dulu dan menentukan mana produk yang cocok.

Vania Herlambang kemudian akan menulis hasil dari riset tersebut. Selanjutnya, ia juga menulis daftar produk yang ingin dibeli.

Terakhir, barulah Vania Herlambang akan membeli produk kecantikan yang diinginkan secara bersamaan. Hal ini dilakukan untuk mengurangi limbah plastik saat pengiriman sekaligus carbon footprint.

Konferensi Pers Virtual Sociolla untuk kampanye Waste Down Beauty Up, Kamis (13/1/2022)

Tips dari Vania Herlambang tersebut juga dibenarkan oleh Clara Devi, blogger kecantikan, fashion, dan travel.

Sebagai beauty influencer, Clara Devi mengakui jika dirinya punya banyak produk kecantikan karena merupakan bagian dari pekerjaan.

Namun, ia secara jujur mengungkap mana produk yang dibeli sendiri, mana yang merupakan hasil pemberian, dan mana yang merupakan produk endorse.

Tak hanya itu, Clara Devi juga mengingatkan agar pengikutnya di media sosial tidak lantas membeli semua produk yang diiklankan.

Sebaliknya, konsumen perlu melakukan mindful shopping. Hal ini diperlukan agar kamu tidak impulsif saat membeli produk kecantikan sekaligus dapat mengurangi limbah yang ada.

BACA SELANJUTNYA

Warganet Baper, Pria Ini Jago Banget Bikin Alis sampai Bisa Bantu Istri