Sabtu, 04 Februari 2023
Rima Sekarani Imamun Nissa : Minggu, 24 April 2022 | 09:04 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Dewiku.com - Saat ini industri kecantikan termasuk di Indonesia sedang mengalami perkembangan dan pertumbuhan yang sangat pesat. Inovasi yang muncul pun semakin beragam. Nah, pernahkah Anda mendengar istilah Blue Beauty?

Seiring berkembangnya industri kecantikan secara keseluruhan, kesadaran masyarakat akan isu lingkungan yang terdampak dari pertumbuhannya penggunaan produk kecantikan juga meningkat. Salah satunya dengan munculnya berbagai kampanye dan gerakan untuk mendukung industri kecantikan ramah lingkungan dan berkelanjutan.

Konsumen dan beberapa pelaku industri juga sudah mulai mengaplikasikan gerakan ramah lingkungan, misal dengan menghadirkan produk berkonsep Clean Beauty, Green Beauty hingga Conscious Beauty.

Konsep Conscious Beauty merupakan gerakan pendekatan bijakasana terhadap produk kecantikan yang digunakan sehari-hari. Ada kesadaran terhadap seluruh aspek yang terkait, mulai dari manusia, hewan, kesehatan bumi, hingga tanggung jawab akan lingkungan secara keseluruhan. Ini dilakukan dengan menghasilkan produk berkelanjutan, ramah lingkungan, aman, dan fokus terhadap seluruh aspek etika.

Hal itu juga sudah mulai diterapkan oleh Cosmax Indonesia mencangkup penggunaan solar panel sebagai energi listrik berkelanjutan, proses produksi ramah lingkungan, sertifikasi lengkap hingga jaminan aman akan produk yang dihasilkan kepada pasar.

Konsep "Blue Beauty" pada tren kecantikan Conscious Beauty. (Istimewa)

Tak hanya itu, dikutip dari rilis yang diterima Dewiku.com belum lama ini, adapun konsep gerakan ramah lingkungan berkelanjutan lainnya adalah Blue Beauty. Ini merupakan gerakan keberlanjutan untuk mendukung pelestarian lingkungan dan laut dengan menggunakan bahan-bahan yang aman bagi terumbu karang serta memiliki tujuan menuju kemasan tanpa limbah. Pada dasarnya, konsep Blue Beauty menggunakan bahan-bahan yang aman, bersumber secara berkelanjutan, aman bagi ekosistem laut serta menggunakan kemasan produk yang dapat digunakan kembali, didaur ulang, atau bisa diisi ulang.

Di sisi lain, Blue Beauty secara khusus bertujuan mengurangi dampak negatif dari penggunaan produk kecantikan bagi ekosistem laut. Penggunaan konsep Blue Beauty turut mempertimbangkan setiap aspek siklus produk, mulai dari bahan, produksi, pengemasan, pengiriman, penggunaan, hingga pembuangan produk.

Beberapa produk merek kecantikan global, kini sudah mulai mengadaptasi konsep Blue Beauty seperti Hero Cosmetics Force Shield Superlight Sunscreen Broad Spectrum SPF 30 dan MakeP:rem UV Defense Me Daily Sun Essence, yakni produk kecantikan yang hadir dengan memberikan konsep reef-safe atau reef-friendly.

Tanpa kita sadari beberapa produk kecantikan, salah satunya tabir surya atau sunscreen, dapat menjadi polusi bagi ekosistem laut. Hal tersebut akibat penggunaan bahan baku berupa microplastic, parabens, oxybenzone, dan octinoxate yang bisa mencemari ekosistem laut dan terumbu karang.

Sebagai konsumen, salah satu cara untuk menerapkan Blue Beauty adalah memilih produk alternatif ramah lingkungan, seperti menggunakan produk tabir surya safe minerals yang menggunakan mineral-based formula, titanium dioxide dan zinc oxide sebagai pelindung kulit dari sinar UVA dan UVB.

Oleh karena itu, Cosmax Indonesia berkomitmen untuk terus berinovasi dan mengembangkan produk kecantikan ramah lingkungan dengan mutu dan kualitas terbaik bagi konsumen Indonesia sesuai dengan aturan resmi yang berlaku secara global. Tidak hanya akan membuat produk yang aman dan bersih dengan kualitas terbaik, tetapi juga sadar akan kesehatan bumi.

BACA SELANJUTNYA

Platform Digital Ini Efektif Membantu Kurasi Produk Kecantikan dari Korea Selatan