Kamis, 29 Juli 2021
Rima Sekarani Imamun Nissa : Minggu, 18 Juli 2021 | 06:00 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Dewiku.com - Ada banyak hal yang perlu diketahui jika perlu bepergian di era pandemi seperti sekarang ini, apalagi memilih transportasi udara atau pesawat. Ragam dokumen harus dilengkapi, terutama jika bepergian ke wilayah-wilayah yang terdampak PPKM Darurat Jawa-Bali selama 3-20 Juli 2021. Tidak hanya melengkapi dokumen yang dibutuhkan, namun juga perlu memahami prosedur lainnya.

Selain mempersiapkan berbagai dokumen dan pengetahuan tentang prosedur, Anda juga harus menerapkan berbagai tips saat berencana naik pesawat di masa seperti sekarang ini. Jangan sampai karena tidak mengetahui prosedur yang berlangsung, penerbangan ditunda atau bahkan dibatalkan. Yuk, simak ulasan berikut ini.

Informasi Persyaratan Penerbangan

Cari update regulasi naik pesawat terbaru, simak terus informasi persyaratan penerbangan di sini. Bagi Anda yang akan melakukan penerbangan ke Jawa-Bali atau daerah dengan peraturan PPKM Darurat perlu mempersiapkan dokumen, antara lain:

Ilustrasi pesawat. (Pixabay/DaniloBueno)

  • Surat negatif Covid-19 dengan tes PCR di berbagai laboratorium yang bekerja sama dengan Kementerian Kesehatan (Kemenkes) yang wajib diambil 2 x 14 jam sebelum keberangkatan
  • Menunjukkan kartu vaksinasi minimal dosis pertama, lebih bagus lagi jika telah selesai vaksin kedua
  • Mengisi kartu Kewaspadaan Kesehatan e-HAC yang bisa diunduh di Play Store dan App Store. Bisa juga mengisi melalui websitenya.

Khusus untuk ke Bali, Anda perlu menyertakan uji swab PCR negatif Covid-19 dengan barcode atau QR Code. Karena ada beberapa daerah atau wilayah yang menerapkan peraturan tambahan, cari tahu informasi lengkap sebelum memutuskan untuk memesan tiket.

Tips Beli Tiket Pesawat saat Pandemi

Saat pandemi meradang seperti sekarang ini, memilih tiket secara online merupakan pilihan yang sangat bijak. Anda tidak perlu lagi keluar rumah atau antre lama di agen hanya untuk mendapatkan tiket. Selain itu, Anda bisa melakukan transaksi kapan saja saat sempat, bahkan tengah malam sekalipun.

Apalagi sekarang ini berbagai jasa pemesanan tiket sudah bekerja sama dengan berbagai proses pembayaran yang juga online, begitu praktis menghemat waktu juga. Dengan melakukan pembayaran secara online atau istilahnya cashless, uang akan lebih aman tidak khawatir hilang saat perjalanan.

Untuk mendapatkan tiket murah, Anda bisa melakukan booking jauh hari, 6-12 bulan sebelum keberangkatan. Cek juga berbagai media sosial perusahaan penyedia layanan booking tiket online untuk dapatkan promo yang menggiurkan. Supaya tidak ribet, memesan tiket pesawat langsung pulang pergi lebih disarankan. Dengan begini, harga lebih murah, urusan akan lebih mudah.

Banyak sekali perusahaan penyedia layanan pemesanan tiket secara online yang tetap setia melayani meski pandemi, salah satunya adalah Traveloka. Ragam kemudahan diberikan, harga terjangkau yang ditawarkan.

Tips sebelum Naik Pesawat

Bagi Anda yang bepergian pertama kali dengan pesawat di era pandemi tentu akan menjadi PR tersendiri. Bahkan bagi yang sering bepergian, juga tidak kalah sibuknya dari yang belum pernah. Tips sebelum bepergian, Anda harus mempersiapkan berbagai dokumen yang diperlukan.

Misalnya saja dokumen hasil tes PCR, mengunduh e-HAC membuat akun dan mengisi berbagai data atau informasi yang diperlukan. Nantinya di bandara tinggal dipindai ke petugas yang sedang berjaga. Jangan lupa juga paspor visa, KTP dan lainnya yang juga tidak kalah penting, ya.

Setelah semua dokumen terkumpul, packing dengan rapi. Lalu, pisahkan dokumen-dokumen yang perlu ditunjukkan ke petugas di bandara. Bisa jadikan satu tas kecil, selempang atau lainnya. Supaya tidak kerepotan saat akan dilaporkan. 

Setelah itu, istirahatlah lebih awal supaya berangkat bisa lebih segar. Intinya jaga kesehatan sebelum keberangkatan dengan menerapkan pola hidup sehat. Jangan lupa untuk membawa obat-obatan pribadi saat penerbangan. Jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan akan segera tertangani.

Ilustrasi persiapan bepergian naik pesawat di masa pandemi. (Pixabay/JoshuaWoroniecki)

Tips saat Akan ke Bandara

Tiket sudah bukan masalah lagi, selanjutnya yang akan diberikan adalah tips saat akan ke bandara. Hal utama yang perlu Anda lakukan adalah datanglah lebih awal. Dengan begitu, tidak akan terlalu lama antre saat check in. Jika antre pun tidak akan terlalu lama.

Jika tidak membawa barang bawaan yang banyak, Anda bisa melakukan check in secara online saat perjalanan ke bandara. Bisa juga di rumah sebelumnya. Beberapa maskapai penerbangan membuka check in online dengan rentang waktu yang lebih lama. Namun tidak sedikit yang membuka check in online singkat, misalnya saja 3 jam sebelum keberangkatan. Jadi untuk info lebih lanjut bisa menghubungi pihak-pihak yang terkait atau cari informasinya

Saat akan masuk ke dalam pesawat, persiapkan boarding pass dan juga KTP. Nanti akan diperiksa oleh petugas. Tidak jarang karena gugup akan segera masuk pesawat, jadi membuat proses jadi berantakan. Jika kebingungan mencari tempat duduk yang tercantum di boarding pass, tidak perlu sungkan bertanya kepada petugas yang tengah berjaga, Anda akan dibantu dengan ramah.

Tips saat di Dalam Pesawat

Di era pandemi seperti sekarang ini, banyak terjadi perubahan pula dengan kebiasaan-kebiasaan yang dilakukan di dalam pesawat. Supaya lebih aman, selalu gunakan masker selama di perjalanan. Tidak perlu sungkan untuk pakai masker double untuk dapatkan proteksi kesehatan ganda. Masker medis dan satunya kain.

Selain itu selalu bawa hand sanitizer, tisu, peralatan ibadah atau makan secara mandiri. Dengan begitu akan mengurangi interaksi dengan orang lain. Masyarakat Indonesia memang terkenal ramah, tidak segan berbincang dengan orang asing.

Namun saat pandemi, usahakan untuk mengurangi interaksi dengan orang lain, apalagi yang masih asing. Selalu jaga jarak dan hindari kerumunan juga.

Nah, jadi jika Anda akan melakukan perjalanan dalam waktu dekat naik pesawat terbang, bisa mengikuti tips-tips di atas agar perjalanan Anda lebih tenang dan juga tetap aman. Jangan lupa jalankan prokes di mana pun Anda berada, ya.

BACA SELANJUTNYA

Lagi Mabuk Berat, Wanita Ini Jadi Pelaku Pelecehan Seksual di Pesawat