lifestyle

3 Tips Menjaga Kesehatan Mental ketika Cari Jodoh di Aplikasi Kencan Online

Kesehatan mental adalah sesuatu yang penting, termasuk saat mencari pasangan di aplikasi kencan online.

Rima Sekarani Imamun Nissa
Minggu, 14 November 2021 | 17:00 WIB

Isu terkait kesehatan mental semakin menjadi topik hangat. Pandemi yang berlangsung selama dua tahun terakhir pun membawa dampak emosional tersendiri bagi banyak orang.

Situasi itu menjadikan mereka lebih terbuka dan jujur. Ini terlihat dari peningkatan penggunaan kata 'cintai diri sendiri' atau 'self-love' sebanyak 550 persen di bio aplikasi kencan online, Tinder di Indonesia.

"Your mental wellbeing also matters when it comes to dating! Hubungan kamu dengan diri sendiri juga penting dalam membangun sebuah koneksi dengan orang lain. Memahami diri sendiri dengan lebih baik dapat membantu kamu untuk menjadi seseorang yang percaya diri dan empowered, dan nantinya juga dapat mendukung dibangunnya hubungan yang sehat dengan orang lain," kata Inez Kristanti, seorang pakar hubungan dalam keterangannya, Kamis (11/11/2021) lalu. 

Baca Juga: Ashanty Makan Tiramisu Favorit Shah Rukh Khan, Harganya Cuma Rp100 Ribuan?

Namun, kadang tak banyak yang tahu bagaimana caranya. Nah, berikut beberapa cara sederhana untuk mulai memperkuat koneksi dengan dirimu sendiri sebelum membangun koneksi dengan match. 

Ilustrasi Kencan Online (Pexels/Andrea Piacquadio)

Susun rutinitas ‘me time’ kamu

Setelah menjalani aktivitas yang padat, bisa jadi kuliah, rapat, tenggat waktu, kehidupan sosial, dan masih banyak lagi, penting bagi kamu untuk meluangkan waktu khusus dengan diri sendiri. Meluangkan waktu pribadi atau me time sangatlah penting untuk mengerti lebih jauh tentang keinginan dan tujuanmu.

Baca Juga: Berkunjung ke Rumah Calon Mertua, Ayu Ting Ting Kalem Bawa Tas Mewah

Ini bisa jadi cara yang baik untuk untuk terhubung kembali dengan diri dan pikiranmu sebelum memperkuat koneksi dengan match. Coba lakukan latihan pernapasan yang terbukti jitu untuk melatih fokus dan buat pikiranmu lebih tenang.

Mulai biasakan journaling

Mencatat atau Journaling bisa jadi cara terbaik untuk membangun koneksi dengan dirimu sendiri maupun memperkuat hubunganmu dengan diri sendiri. Ketika mulai mencatat, ingatlah sebuah peristiwa ataupun kejadian yang sedang mengganggu pikiranmu akhir-akhir ini.

Selidiki mengapa itu jadi sebuah masalah dan apa yang kira-kira bisa kamu lakukan. Kemudian, petik pelajaran apa saja yang bisa kamu ambil untuk berkembang.

Coba ngobrol dengan seorang pakar

Saat kamu menghadapi masalah, jangan dibawa stres. Ingatlah kalau kamu tak sendiri. Hal ini membantumu untuk keluar dari zona nyaman dan berbicara dengan seorang pakar.

Baca Juga: 5 Manfaat Biji Pepaya, Ternyata Bagus untuk Tingkatkan Imunitas

Kamu dapat menjadwalkan sesi bimbingan dengan seorang pakar yang cocok dengan kamu dan ceritakan masalah yang mengganggumu demi mendapat dukungan dan pertolongan yang tepat. Melalui sesi bimbingan seperti ini, kamu dapat mendapatkan gambaran jelas terhadap akar masalah dan cara mengatasinya. (*Bimo Aria Fundrika)

lifestyle

Ashanty Makan Tiramisu Favorit Shah Rukh Khan, Harganya Cuma Rp100 Ribuan?

Ashanty tampak antusias saat menyantap tiramisu kesukaan Shah Rukh Khan.

lifestyle

5 Manfaat Biji Pepaya, Ternyata Bagus untuk Tingkatkan Imunitas

Konsumsi biji pepaya juga baik kesehatan sistem pencernaan dalam tubuh.

lifestyle

5 Zodiak Paling Hati-Hati Menjalani Hidup, Selalu Waspada Setiap Waktu

Beberapa zodiak ini cenderung lebih hati-hati dalam kehidupan sehari-hari.

lifestyle

8 Arti Mimpi Mendadak Jatuh Miskin, Pertanda Rendah Diri?

Apa yang membuat seseorang bisa tiba-tiba mimpi jatuh miskin?

lifestyle

Sukses Diet, Aaliyah Massaid Akui Pernah Jalani Pola Makan Ekstrem

Namun, Aaliyah Massaid akhirnya menemukan cara yang lebih aman dan sehat untuk menurunkan berat badan.

lifestyle

Hobi Naik Gunung? Pendaki Perempuan Harus Perhatikan Ini

Pendaki perempuan harus lebih teliti dalam menjaga kesehatan organ intim selama naik gunung.