Senin, 17 Januari 2022
Rima Sekarani Imamun Nissa : Minggu, 19 September 2021 | 13:30 WIB

Dewiku.com - Menurunkan berat badan setidaknya harus melibatkan dua hal, yakni aktivitas fisik dan asupan yang kamu konsumsi. Dalam hal ini, berbagai rempah-rempah yang ada di dapur rumah ternyata bisa juga membantu upaya menurunkan berat badan

Dilansir dari Times of India, berikut ini sejumlah rempah yang bisa membantu menurunkan berat badan:

Kunyit

Kunyit punya sifat antibakteri, anti-inflamasi dan anti-virus yang sarat dengan antioksidan. Kunyit dapat membantu menambah kehangatan pada tubuh dalam sekejap. 

Hal tersebut akan meningkatkan sistem pencernaan dan membantu meningkatkan metabolisme. Kamu bisa menggunakan kunyit dalam kari, teh, atau cuma dengan air.

Bubuk kunyit. (Pixabay/Nirmal Sarkar)

Kayu manis

Kayu manis dikemas dengan antioksidan dan sifat anti-inflamasi. Minum air kayu manis setiap pagi disebut bisa meningkatkan metabolisme dan menghasilkan penurunan berat badan yang cepat.

Kalau seseorang mempunyai kondisi resisten insulin, karbohidrat yang dimakan oleh seseorang diubah menjadi gula yang tidak dimetabolisme menjadi kuantum yang dibutuhkan dan diubah menjadi lemak. Kayu manis bisa membantu memutus siklus ini sehingga membantu menurunkan berat badan.

Biji jintan

Satu sendok teh biji jintan yang direndam semalaman dapat sangat membantu dalam mempercepat perjalanan penurunan berat badan. Kamu bisa menambahkan biji jintan ke dalam kari, roti, sup, dan kacang-kacangan.

Biji fenugreek

Kaya akan serat, biji ini membuatmu kenyang lebih lama. Dengan demikian, konsumsi fenugreek menghentikan Anda dari makan berlebihan.

Fenugreek bisa membantu mengurangi asupan lemak dan kalori makananmu.  Itu membuatmu kenyang lebih lama dan menekan hasrat makan berlebih. 

Lada hitam

Ilustrasi lada hitam. (Freepik.com/azerbaijan_stockers)

Dari meredakan sembelit hingga membantu menurunkan berat badan, lada hitam mempunyai berbagai manfaat kesehatan. Untuk menurunkan berat badan ekstra, kamu dapat menambahkan sejumput lada hitam ke dalam teh hijau dan meminumnya 2-3 kali sehari. 

Fitonutrien dalam lada hitam juga bisa membantu membakar lemak berlebih.

Biji adas

Biji adas umumnya dikonsumsi setelah makan sebagai penyegar mulut dan untuk membantu pencernaan. Biji adas dapat membantu menekan rasa lapar dan dengan demikian menghentikanmu dari makan berlebihan.

Kamu bisa menambahkannya ke teh, kari, atau minum air biji adas di pagi hari. Biji adas juga kaya vitamin A, C dan D bersama dengan antioksidan. (*Fita Nofiana)

BACA SELANJUTNYA

Diet Terus tapi Berat Badan Tak Kunjung Turun? Ketahui Penyebabnya